Para Aktor Lintas 'Kasta' di Pasukan 'Dunkirk'

by - 9:36 PM

Dunkirk bukan cuman terkenal karena karya epik Christopher Nolan atau kehadiran Harry Styles di dalamnya. Film yang sukses menaklukkan Box Office di pekan debutnya ini juga didukung berbagai aktor lintas 'kasta', mulai yang terkenal maupun tidak.

Diberitakan IndieWire, adalah strategi Nolan menggabungkan mereka yang sudah dikenal publik dengan aktor yang belum banyak diketahui masyarakat. Bagi Nolan, terlalu banyak aktor terkenal dalam sebuah film hanya akan mengalihkan perhatian penonton dari konteks cerita. Dan sebagai sutradara perfeksionis, ia jelas menghindari hal ini.

Oleh karenanya, Nolan cukup banyak menghadirkan wajah baru untuk membawa Dunkirk pada situasi mengerikan atas peristiwa bersejarah bagi Eropa pada 1940 itu. Merangkum berbagai sumber, berikut para aktor yang ikut menyukseskan Dunkirk, baik dari papan atas maupun tidak dikenal publik.

Tom Hardy (Farrier)
Tom Hardy dapat dikatakan menjadi nama dan wajah yang paling mudah untuk dikenali dalam Dunkirk. Peran dia sebagai pilot Royal Air Force membingkai salah satu dari tiga babak dalam film itu. Diketahui, Nolan sendiri jadi tokoh penting dalam karier Hardy. Hardy dikenal di Amerika berkat peran sebagai Eamer dalam Inception dan sebagai Bane, penjahat di The Dark Knight Rises. Kedua film itu digarap oleh Nolan. Film penting lainnya yang turut mendorong kepopuleran Hardy yakni, Bronson, Mad Max: Fury Road, Warrior, dan The Revenant, yang membuatnya dapat nominasi Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Cillian Murphy
Peran Cillian Murphy dalam Dunkirk dikreditkan sebagai Shivering Soldier. Sebelumnya tokoh yang diperankan Murphy ini telah dikenal lebih dahulu lewat cuplikan yang beredar. Setelah diselamatkan kapal sipil, karakternya meminta untuk putar balik meninggalkan Dunkirk. Karakter yang dimainkan oleh Murphy mengalami trauma karena menurut dia, sulit bebas dari Dunkirk. Dunkirk menandai kolaborasi ke-lima Murphy dengan Nolan. Sebelumnya, dia terlibat dalam trilogi The Dark Knight dan Inception.

Mark Rylance (Mr. Dawson)
Aktor yang telah berkarier sejak 1980-an ini mulai dikenal sejak memerankan tokoh Rudolf Abel dalam film garapan Steven Spielberg, Bridge of Spies. Berkat perannya itu, dia mendapatkan piala Oscar untuk Aktor Pendukung Terbaik. Hal itu pun turut memperluas kolaborasinya dengan Spielberg, BFG dan Ready Player One. Sedangkan dalam Dunkirk, Mark Rylance memerankan sosok Mr. Dawson, orang sipil yang memiliki kapal dan meminjamkannya untuk evakuasi prajurit.

Fionn Whitehead (Tommy)
Christopher Nolan dilaporkan dengan sengaja menempatkan aktor tidak dikenal sebagai pemeran utama sehingga penonton dapat merasakan situasi sesungguhnya tanpa gangguan dari bintang film. Nolan pun menaruh keinginannya itu pada Fionn Whitehead. Whitehead memerankan Tommy yang memiliki porsi cukup banyak di film Dunkirk. Dan bagi Whitehead, Dunkirk merupakan debut dia di layar lebar. Sebelumnya, Whitehead hanya terlibat dalam miniseri drama HIM. Dalam serial itu, dia berperan sebagai remaja yang kembali ke rumah dan menemukan dia memiliki kemampuan super. Usai perannya di Dunkirk, Whitehead telah dikontrak untuk berakting dengan Emma Thompson dan Stanley Tucci dalam The Children Act.

Harry Styles (Alex)
Nama Harry Styles telah dikenal dalam dunia musik, baik sebagai anggota boyband One Direction dan sebagai musisi solo. Namun Dunkirk menandai debutnya dalam berakting. Bintang pop ini bermain sebagai Alex, sosok tentara muda yang tergabung dan terjebak di Dunkirk dan bertemu Tommy (Fionn Whitehead) di pantai. Menurut Nolan, dia telah mengaudisi ratusan aktor untuk peran tersebut tapi pilihannya jatuh pada Styles karena sesuai dengan yang dibutuhkannya. Hingga kini, Styles belum menentukan langkah selanjutnya untuk karier akting yang telah ia mulai. Sebelumnya, pelantun Sign of the Times itu sendiri menyatakan Dunkirk mungkin satu-satunya film yang ia coba.

Aneurin Barnard (Gibson)
Aneurin Barnard menambah deretan wajah segar yang muncul di Dunkirk. Dia muncul sebagai Gibson, salah satu angkatan darat Inggris bersama Harry Styles dan Fionn Whitehead. Meski terhitung muka baru, namun karier akting Barnard sendiri telah berlangsung selama hampir satu dekade. Dia membuat debutnya dalam feature laga petualangan 2011, Ironclad. Tapi dia baru dikenal setelah menjadi peran pendukung di dua miniseri BBC, War & Peace dan The White Queen. Barnard juga pernah menandai aktingnya di drama, Mary Queen of Scotts dan Interlude in Prague.

Tom Glynn-Carney (Peter Dawson)
Dalam Dunkirk, Tom Glynn-Carney berperan sebagai Peter, putra dari Mr. Dawson (Mark Rylance). Mr. Dawson merupakan warga sipil Inggris yang dengan sukarela menggunakan kapalnya untuk membantu penyelamatan tentara Sekutu. Serupa dengan Fionn Whitehead, Dunkirk merupakan terobosan terbesar Glynn-Carney sejauh ini. Sebelumnya, dia muncul dalam dua episode drama Casualty (2013) dan serial The Last Post (2017).

Jack Lowden (Collins)
Aktor asal Skotlandia ini berperan sebagai Collins, pilot pesawat Royal Air Force di Dunkirk. Sebelum bergabung dengan Nolan, Jack Lowden dilaporkan telah cukup banyak terlibat dalam sejumlah proyek film. Dia membuat debut di film bergenre thriller sejarah garapan Yann Demange, 71, lalu beradu akting dengan Paul Dano serta Lily James di serial War & Peace. Baru-baru ini, Lowden muncul dalam karya Amma Assante, A United Kingdom, dan juga dia akan berperan sebagai pentolan band The Smiths, Morissey dalam film biografi England is Mine.

James D'Arcy (Kolonel Winnant)
Dalam Dunkirk, James D'Arcy muncul sebagai Kolonel Winnant dari Angkatan Darat Inggris dan menjadi salah satu wajah yang cukup mudah dikenali. Sebelumnya, D'Arcy pernah berperan sebagai kepala pelayan Howard Stark, Edwin Jarvis, dalam serial ABC, Agent Carter. Dia juga pernah membintangi Cloud Atlas dan Jupiter Ascending.

Barry Keoghan (George)
Aktor asal Irlandia ini tergolong memiliki peran yang tidak terlalu menonjol dalam Dunkirk. Peran Barry Keoghan muncul sebagai George, teman Peter (Tom Glynn-Carney), dan bersama-sama ada dalam perahu Mr. Dawson (Mark Rylance). Keoghan sendiri adalah aktor pendatang baru yang pernah terlibat dalam The Killing of a Sacred Deer, film favorit di festival Cannes. Sebelum Dunkirk, Keoghan juga membintangi film garapan Michael Fassbender, Trespass Against Us, dan memiliki peran kecil dalam film 71.

You May Also Like

0 comments