Sejarah Perkembangan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

by - 1:43 PM

Sejarah Perkembangan SI dan TI
     Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah teknologi informasi), mulai dari gambar-gambar, peletakan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti, sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang dikenal dengan nama internet. Manusia telah hidup semenjak 209 ribu tahun yang lalu, semenjak dari itu manusia terus berkembang dan mulai berkomunikasi terhadap sesama manusia. Komunikasi menjadi satu alat yang sangat penting bagi peradaban manusia, dan untuk berkomunikasi manusia atau mahluk lainnya pun butuh sesuatu yang sama-sama dimiliki yaitu bahasa.

    Walaupun mungkin manusia memiliki bahasa yang berbeda disetiap lingkungan, tetapi bahasa tetap mempunyai satu fungsi yang sama yaitu menyatukan dan memajukan masyarakatnya. Bahasa terus berevolusi dari bahasa yang digunakan untuk konteks lingkungan yang kecil seperti desa sampai menjadi bahasa nasional yang menjadi bahasa utama atau wajib setiap negara. Dengan masyarakat yang semakin menyadari pentingnya komunikasi, banyak para inventor yang membuat alat komunikasi seperti pada tahun 1876, Melvyl Dewey mengembangkan sitem penulisan Desimal. Lalu pada tahun 1877, Alexander Graham Bell mengembangkan telepon yang dipergunakan secara umum.

    Dari eksistensi telepon yang pada zaman dahulu hanya tersedia di institusi pemerintahan atau perkantoran, sampai mulai digunakan untuk setiap rumah, hingga sekarang ini digunakan oleh setiap orang. Dari yang cara penggunaanya menghubungi operator kepada siapa kita akan melakukan panggilan, sampai mulai menggunakan nomer telepon masing-masing. Dari yang cara penggunaanya diputar, lalu ditekan, sampai disentuh. Pada tahun itu juga, fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edweard Maybridge. Pada tahun 1899, telah dipergunakan sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis untuk yang pertama. Dan memberikan inspirasi pada Zvorkyn untuk menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama pada tahun 1923.

    Pada 1972, Ray Tomlinson menciptakan aplikasi surat elektrolik yang pertama, lalu pada 1982, kata “e-mail” pertama kali digunakan. E-mail digunakan untuk mengirimkan pesan lewat internet. Pertukaran informasi dan keterikatan manusia dengan manusia yang memicu pembuatan komputer. Komputer dibuat untuk membuat kalkulasi matematikan yang kompleks semjadi mudah dan memudahkan pekerjaan manusia. Charles Babbage adalah Bapak Komputer, orang pertama yang membuat komputer, sedangkan Alan Turing adalah Bapak Komputer Modern, Turing membuat komputer modern pertama kalinya untuk membantu Inggris memenangan perang melawan Jerman.

   Dengan berkembangnya zaman, teknologi informasi yang merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) terus menawarkan berbagai konten yang berupa elektronik yang dapat dipergunakan di perangkat smartphone dan komputer seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dll.

Perkembangan Komputer
   Komputer yang pada zaman sekarang ini telah menjadi barang yang wajib dimiliki dengan memiliki berbagai fungsi dari a sampai z. Komputer juga telah memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan global.

1.  Komputer Generasi Pertama (1946-1959) adalah Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) yang merupakan komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Program ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. ENIAC berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor, dan 70.000 resistor. Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton, dan menempati ruangan 167 m2.

2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964) : Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi resistor ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, dan 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) : Karena Komputer Generasi II menggunakan transistor yang membuat komputer menjadai cepat panas, maka pada generasi ketiga ini para pengembang mulai meninggalkan resistor. Jack Billy pada 1958, menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor yang membuat komputer cepat panas tadi, yakni IC/Integrated Circuitchip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu. Produk Komputer Generasi III adalah IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century, GE 600, CDC 3000, 6000, dan 7000, PDP-8, dan PDP-11 (pabrik pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation).

4. Komputer Generasi Keempat (1979-2000an) : Pada generasi ini, komputer yang menggunakan chip IC kemudian dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration mencoba melakukan pengembangan tersebut pada 1980-an. Alhasil, satu chip tunggal dapat menampung ribuan komponen. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.

   LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage. Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik.

    Produk Komputer Generasi IV adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

5. Komputer Generasi kelima (Sekarang) : Pada perkembangan selanjutnya perubahan besar terjadi bahwa sejak IBM-PC diperkenalkan dan bukan menjadi satu-satunya manufaktur PC-compatible, maka standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh W. Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia. Dan dilanjutkan dengan munculnya Smartphone. Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

    Perusahaan-perusahaan yang membuat microprocessor di antaranya adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya. Di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Tahun 2001, Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan instruksi-instruksi 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit.

     Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana namun memiliki kemampuan yang semakin canggih. Pada generasi kelima ini, telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik.

    Contoh-contoh komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993, Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi berikutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.

Pemanfaatan SI dan TI
   Seperti yang telah saya katakan sebelumnya bahwa sistem/teknologi informasi yang saling berkaitan memiliki kunci penting bagi peradaban umat manusia. Sekarang setiap orang makin banyak yang memanfaatkan teknologi disegala bidang untuk meningkatkan efsiensi, efektifitas, dan juga meningkatkan pendapatan. Maka dari itu kita akan membahas pemanfaatan sistem/teknologi informasi.
1. Bidang Bisnis dan Ekonomi : Dengan memanfaatkan IT untuk bisnis akan memberikan dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan perusahaan di dunia.
  • IT dapat memperluas pangsa pasar.
  • IT dapat meningkatkan efisiensi operasional dan waktu.
  • IT dapat mengurangi biaya produksi dan operasional.
  • IT dapat memberikan keunggulan kompetitif.
  • IT dapat memberikan peluang bisnis baru.
  • e-Commerce
  • e-Money

2. Bidang Pendidikan : Pendidikan sangatlah penting untuk memprsiapkan generasi muda dimasa mendatang, mengedukasi generasi muda adalah kunci keberhasilan, maka dari itu banyak sekolah yang memanfaatkan teknologi untuk menunjang para muridnya.
  • e-Library
  • e-Learning
  • Virtual class
  • Internet yang akan membantu tugas murid

3. Bidang Politik : Teknologi informasi juga dimanfaatkan dalam bidang politik seperti saat mengkampanyekan calon gubernur atau presiden, dan pada saat pemilihan presiden. Pada pemilihan presiden teknologi informasi digunakan untuk mendata calon pemilih baik yang berada didalam ataupun diluar negeri, seperti pemilihan online. Adapun juga berbagai lembaga yang melakukan Quick Count dalam perhitungan isi suara pemilihan presiden.

4. Bidang Pemerintahan : Pernah mendengah e-Goverment? itu merupakan produk dari pemanfaatan teknologi informasi oleh pemerintah pusat maupun daerah agar dapat lebih dekat dengan masyarakatnya. Dan juga adanya e-KTP yang dimaksudkan untuk mendata semua warga negaranya secara elektronik agar semua datanya dapat diback-up, tidak akan terjadi double data, dan juga lebih efisien dan hemat kertas dan ruang.

5. Bidang Kesehatan : Dalam bidang kesehatan, teknologi informasi banyak dimanfaatkan untuk mendata pasien hingga menjadi alat untuk memeriksa pasien, seperti alat USG yang merupakan komputer. Sekarang banyak situs – stus didunia maya yang berguna untuk mengkonsultasikan kesehatan, adapun juga aplikasi-aplikasi kesehatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

6. Bidang Industri : Dalam industri, teknologi informasi sangat akan membantu operasional sebuah pabrik. Seperti absensi elektronik, mesin-mesin, pekerja, distribusi, hingga penggajian para pekerja.

Evolusi Perangkat Lunak
1. Era Pioner (1950-1960) : Penggunaan komputer saat era pioner dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
Ciri-ciri:
- Proses batch
- Distribusi terbatas
- Pembuatan khusus

2. Era Stabil (1970-1980) : Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Pada era ini mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).
Ciri-ciri:
- Multi user
- Real time
- Database

3. Era Mikro : Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
Ciri-ciri:
- Sistem tersebar
- Penanaman kecerdasan
- Perangkat lunak murah

4. Era Modern (1990-2000an) : Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.

   Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Ciri-ciri:
- Sistem desktop
- Teknologi objek
- Sistem pakar
- Pemrosesan paralel
- Jaringan komputer

Klasifikasi Perangkat Lunak
    Klasifikasi perangkat lunak terbagi menjadi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
1. Perangkat Lunak Sistem : Perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras sehingga perangkat lunak aplikasi dapat melakukan tugasnya. Tanpa perangkat lunak sistem perangkat lunak aplikasi tidak dapat dijalankan. Perangkat lunak sistem dibagi menjadi
a. Sistem Operasi : Bagian penting bagi komputer, dan sistem operasi sendiri merupakan perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melakukan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. Komputer tidak dapat menjalankan perangkat lunak aplikasi jika kita tidak memiliki sistem operasi di dalamnya. contohnya adalah Windows, Mac OS, BeOS, DOS, UNIX, LINUX.
Tugas Sistem Operasi:
- Mengatur user interface
- Mengoordinasikan perangkat keras dengan perangkat lunak yang terdapat pada komputer
- Mengatur bagaimana perangkat lunak bisa masuk dalam memori
- Mengatur cara penyimpanan dan pengambilan data pada media penyimpanan
- Mengelola semua sumber daya sistem pada komputer dan lain-lain

b. Bahasa Pemrograman : Instruksi dan aturan yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti oleh komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya.
Bahasa Pemrogaman ini dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Low Level Language : Bahasa tingkat rendah atau bahasa mesin. Contohnya : Machine code, merupakan kode yang disimpan dalam bentuk angka biner (0 dan 1), dimana angka biner tersebut berfungsi menyimpan instruksi yang diperlukan oleh mesin.
2. Middle Level Language : Bahasa pemrograman tingkat menengah. Contohnya : bahasa C dan C++, merupakan compiler untuk membuat aplikasi interfacing komputer maupun microcontroller.
3. High Level Language : Bahasa tingkat tinggi di mana struktur maupun tata bahasa dalam penulisan program mudah dipahami oleh manusia. Contohnya : Basic, Pascal, FORTRAN, COBOL, dan Prolog

c. Utility : Perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dalam sistem komputer. Seperti membantu pengoperasian mesin dalam komputer diantaranya mempersiapkan pemakaian media disk, membuat duplikat (copy file), membuat atau menghapus proteksi (keamanan) suatu sistem software, memperbaiki bagian file pada disk yang rusak, menguji kebenaran kinerja dari komputer, dan lain-lain. Contohnya : WinRar, Scandisk, Disk Defragmenter, Norton Ghost, Tune Up Utilites, Advanced System Care, CC-Cleaner, dll.

Sumber:
2. syifamss.

You May Also Like

0 comments